EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA PEMASARAN PRODUK USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM)
Keywords:
Efektifitas, Media Sosial, UMKMAbstract
Peran media sosial dalam pemasaran produk UMKM sangat penting. Media social telah membawa perubahan yang signifikan di era ekonomi digital, Efisiensi dan efektifitas yang diberikan oleh media sosial terhadap mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan media sosial sebagai sarana yang efektif untuk mengakses dan menyebarkan informasi. Pandemi COVID-19 telah menyebabkan perubahan perilaku konsumen, dengan banyak pelanggan beralih ke pembelian secara digital. Terdapat tantangan dalam membangun fondasi daya saing bangsa yang kuat dalam pemanfaatan media sosial bagi UMKM, termasuk akses internet yang masih menjadi kendala, terutama di daerah terpencil. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk menganalisis data dari studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para pelaku UMKM telah menggunakan dan memanfaatkan media sosial dengan baik, dan manfaat yang dirasakan meliputi promosi produk atau jasa dan memperluas akses pelanggan baru. Dalam rangka meningkatkan pengunaan media sosial bagi UMKM, pemerintah harus fokus dalam meningkatkan infrastruktur digital dan akses pembayaran elektronik.